Jakarta, STIPANnews - Pemahaman ilmu komunikasi bagi mahasiswa sangat penting sebagai bekal kelak saat terjun ke dunia kerja sebagai abdi masyarakat. Untuk itulah, sudah seharusnya mahasiswa belajar banyak tentang jurnalisme semenjak di bangku kuliah.

"Dalam melakukan pengembangan jurnalisme kampus, setidaknya ada 4 substansi pokok yang harus diperhatikan yaitu, inkubasi, literasi, faslitasi dan demokrasi," ujar Jurnalis Senior Ferry BM Rende di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN), Jumat 1/10/2021.


Menurutnya, dalam mengembangkan jurnalisme kampus, mahasiswa harus dilatih dalam ruangan tertentu oleh pakar jurnalis dengan materi jurnalisme yang mendalam. "Bisa mengundang pimred dari media mainstrem di Jakarta memberikan inkubasi dan pelatihan bagimana menulis berita dan mengembangkan berita," ujar Mantan Staf Khusus Media Plt Gubernur DKI Jakarta ini.

Setelah itu, lanjutnya, tahap kedua adalah literasi dimana para mahasiswa diberikan pendidikan, pelatihan dan pendalaman tentang juralime yang nantinya sangat bermanfaat ketika di lapangan.

"Untuk mengembangkan inkubasi dan literasi diperlukan adanya fasilitasi. Ini adalah peran kampus memberikan fasilitas seperti Studio STIPAN Channel ini atau laboratorium untuk pelatihan para praja atau mahasiswa," lanjutnya.

Dan substansi yang keempat adalah jurnalisme kampus bisa membawa manfaat bagi pengembangan demokrasi. Menurut Ferry, dalam fungsi ini mahasiswa bisa menyuarakan berbagai aspirasi yang diserap di masyarat untuk disampaikan kepeda pemerintah atau dalam forum perwakilan rakyat dengan membawa kajian dilapangan ataupun hasil penelitian.
"Hasil serapan ini bisa diteruskan kepada pengambil keputusan baik eksekutif maupun legislatif. itulah sumbangsih mahasiswa dalam pengembangan demokrasi," tambah Mantan Pimred Manado TV ini.

Lebih lanjut ia mengatakan juralisme tidak semata-mata membangun koran atau media, namun benyak aspek yang tercakup di dalamnya termasuk incubasi, literasi, fasilitasi dan pengembangan demokrasi. "Semua ini ada banyak kandungan berita yang perlu dipelajari oleh mahasiswa atau praja karena sangat bermanfaat ketika nanti bekerja di pemerintahan, swasta dan tempat kerja lainnya," tandasnya. SC-02*