Jakarta, STIPANnews - Sebagai salah satu kegiatan kemahasiswaan dalam rangka mengasah pengetahuan dan berfikir, Praja Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN) mengikuti kuis Siapa Mau Jadi Juara yang diselenggarakan Trans TV, stasiun televisi swasta di Indonesia.

Siapa Mau Jadi Juara adalah sebuah program kuis yang tayang di Trans TV mulai 22 November 2021 pukul 09.45 WIB. Acara ini menguji wawasan tentang pengetahuan umum maupun pelajaran yang didapat di bangku sekolah. Acara ini dibawakan oleh Boy William dan Yuki Kato.

Melalui kuis tersebut, Boy dan Yuki menguji kecerdasan serta wawasan dari para peserta yang ikut bermain. Selain itu, Boy dan Yuki akan memberikan hadiah hingga Rp 15.000.000,00 bagi pemenang yang beruntung.

Dari Kampus STIPAN Jalan Lenteng Agung Jakarta, 14 orang Praja berangkat dengan didampingi oleh 3 orang dari hubungan eksternal STIPAN. Mengenakan pakaian dinas lengkap, ke 14 praja ini tampak sangat antusias mengikuti acara kuis ini.

Direktur Hubungan Eksternal STIPAN A. Thantowi Jauhari,S.Sos, M Kes mengatakan sangat mendukung kegiatan seperti ini "Acara yang sangat menghibur dan mencerahkan bagi mahasiswa untuk berpikir, berkreasi dan membangun solidaritas sebagai kemampuan manajemen organisasi,” ujar Thantowi.

Kuis ini terbagi menjadi 4 babak dengan jenis permainan yang berbeda, namun intinya sama, menguji pengetahuan dan wawasan peserta. Nama-nama babak dalam kuis ini terinspirasi dari tingkatan pendidikan formal di Indonesia serta sidang akhir yang harus dihadapi mahasiswa untuk menyelesaikan studinya.

Kepala Divisi Kerjasama dan Marketing Shinta Kartika Sari, SH, M.IP yang turut mendampingi ke 14 praja tersebut mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu bentuk promosi STIPAN agar lebih dikenal di masyarakat. "Melalui kuis yang ditayangkan di stasiun televisi swasta nasional ini, STIPAN akan lebih banyak di kenal masyarakat. Publik bisa melihat bagaimana kualitas para praja STIPAN ini dalam menjawab kuis-kuis tersebut," ujar Shinta.

Praja wanita asal Papua Victoria Papuanita Wamo menyatakan kegembiraannya bisa mengikuti langsung acara kuis Siapa Mau Jadi Juara di Trans TV karena selama ini ia hanya bisa melihat dari layar televisi. “Luar biasa sekali kita bisa ikut perpartisipasi dalam Acara seperti itu. Selain bisa menambah wawasan, juga bisa menambah pengalaman kita. Kita semua sangat antusias, karena selama kita hanya bisa nonton di TV saja tapi puji tuhan bisa ikut tampil dalam acara TV tersebut,” ujar Praja asal Sarmi Papua itu.

 

Foto: Victoria Papuanita Wamo di panggung kuis Siapa Mau Jadi Juara Trans TV

 

Menurutnya acara seperti ini dapat mengasah kemampuan untuk dapat berbicara dengan baik di depan publik. “Ada hal yang bisa diambil bahwa kita diajarkan supaya bisa berbicara dengan baik dan tidak demam panggung atau gugup tetapi rileks. Hal ini yang saya rasakan sangat berperan penting sekali ketika suatu saat nanti jika tuhan ijinkan kita untuk menjadi seorang pemimpin,” tandas Victoria

Melalui program Kuis Siapa Mau Jadi Juara ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan menambah wawasan para penonton maupun pengisi acara dengan kemasan yang menghibur. Program ini bukan sekedar menampilkan persaingan siapa yang paling pintar, tapi juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan menampilkan siapa yang paling berwawasan luas tanpa ada unsur menggurui, serta memberikan hadiah kepada mereka yang gemar belajar dan berwawasan luas. SC-02*