Bekasi, STIPANnews – Kerjasama antara Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN) dengan Pemerintah Kota Bekasi terus dimatangkan. Yayasan Pendidikan Abdi Negara Nusantara (YPANN) sebagai yayasan yang menaungi STIPAN mendukung penuh kerjasama tersebut.

Ketua Yayasan YPANN Prof Indrajati Sidi, PhD dalam pertemuan dengan Walikota Bekasi Dr. H. Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candra Bhaga Kota Bekasi, Kamis (29/04/2021) menyambut baik Mou yang telah ditandatangani kedua pihak beberapa hari lalu.

Menurutnya, kerjasama dengan pemkot Bekasi ini sangat diperlukan sebagai bentuk upaya peningkatan kemampuan bagi ASN Pemkot Bekasi. "STIPAN akan mengupgrade kemampuan para ASN, tidak hanya ilmu pemerintahannya saja tapi juga kemampuan praktis untuk menyelesaikan masalah di lapangan," ujar Indrajati Sidi.

Menurutnya, dengan adanya kerjasama ini Pemkot Bekasi akan menjadi laboratorium bagi mahasiswa STIPAN. "Salah satu yang tertuang dalam kerjasama diantaranya Kota Bekasi akan menjadi lokasi prektek kerja lapangan atau KKL bagi mahasiswa. Jadi mahasiswa tidak hanya tahu dari buku saja, tapi juga tahu di lapangan, bagaiman proses koordinasi, leadership dan kerjasama dalam pengelolaan sebuah lembaga pemerintahan.

Lebih lanjut Indrajati mengatakan, selain mendidik ASN Pemkot Bekasi, STIPAN juga akan merekrut dari kalangan non ASN untuk kuliah di STIPAN. "Keuntungannya, selain mendapatkan ilmu, juga bisa mengetahui langsung bagaimana bekerja di pemkot Bekasi sehingga membuka peluang untuk bisa bekerja di pemda bekasi," tambah mantan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) ini.

Selain itu, melalui kerjasama dengan pemkot Bekasi ini, STIPAN bisa melakukan riset bagaimana menghasilkan pemerintahan desa dan kecamatan yang efektif dengan mengambil data di Pemkot Bekasi. "Ini akan meningkatkan lembaga penelitian kita," ujarnya.

Dari sisi pengabdian masyarakat, para dosen STIPAN juga bisa melakukan praktek langsung di lapangan dengan memberikan saran-saran yang bagus yang didasari keilmuan yang dimiliki sehingga bisa menjadi dosen yang menguasai ilmu dan trampil dalam prakteknya. *SC-02