VISI PEMERINTAHAN DAN KEMERDEKAAN NKRI PEMAHAMAN DAN REALISASINYA [TINJAUAN GEOPOLITIK & GEOSTRATEGI INDONESIA]

2013-06-26 12:35:49 author by admin STIP-AN

Pada saat ini saya mengaitkan Visi Pemerintahan dan Kemerdekaan NKRI, Pemahaman dan Realisasinya, dengan perkembangan Geopolitik dan Geostrategi Indonesia.

Tinjauan dalam bingkai geopolitik dan geostrategi Indonesia merupakan representasi konsep nasional hakekat pemerintahan mengenai kesatuan dan persatuan, serta upaya strategis untuk pemahaman dan realisasi serta untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara Indonesia. Dalam materi ini saya kaitkan dengan pandangan tentang pentingnya eksistensi jiwa pemersatu dalam tubuh pemimpin bangsa Indonesia masa depan.

Saya memulainya dengan mengingatkan kemabli, kita semua tentang loncatan inovasi aksioma derivatife geografi yang dikemukakan oleh RATZEL pada akhir abad 19, inovasi tersebut sangat mempengaruhi proses evolusi pemahaman geopolitik dan geostrategi, yang sebelumnya cenderung hanya diartikan sebagai upaya untuk memperluas wilayah kekuasaan dengan cara merebut wilayah Negara lain, menjadi suatu landasan pengetahuan yang terstruktur yang mensinergikan entitas politik sutau bangsa dengan fisiografi buminya, untuk mempengaruhi hubungan antar bangsa dalam masyarakat internasional.

Pemahaman baru tersebut, menjadikan geopolitik dunia yang lebih strategis, yaitu sebagai ilmu untuk menyusun struktur teori dan evidensi studi kehidupan suatu Negara, sehingga bermanfaat sebagai instrument politik untuk melaksanakan visi pemerintahan dan untuk menghasilkan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang tepat sesuai fisiografi bumi dari suatu Negara, dalam hal ini Negara Indonesia, dan sedangkan Geostrategi adalah bermakna sebagai ilmu pengetahuan untuk menyusun proses sinergi kekuatan dan keuletan bangsa agar dapat teroptimalkannya kebijaksanaan yang dikeluarkan dari landasan Geopolitik.

Berlandaskan pada pemahaman universal geopolitik dan geostrategi pasca loncatan inovasi tersebut, maka geopolitik dan geostrategi menjadi factor dominant suatu bangsa untuk berinterasksi dengan bangsa lain di dunia sehingga perlu juga kita memahami karakter hubungan antar bangsa di dunia saat ini, agar visi pemerintahan dan kemerdekaan dapat dipahami dan direalisasikan. Selanjutnya Pendiri Bangsa Indonesia Ir. Soekarno, menyatakan untuk membangun bangsa Indonesia kedepan diperlukan penguasaan Geopolitik Indonesia.